Minggu, 12 Oktober 2014

Kakak-adik absen


Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas tentang hal-hal yang berkaitan dengan MAN Insan Cendekia Serpong. Salah satu sekolah terbaik di Indonesia ini memiliki beberapa ciri khas yang tidak dimiliki oleh sekolah-sekolah lain. Misalnya budaya kakak-adik absen. Setiap siswa di MAN ICS memiliki kakak-adik absen. Apa itu kakak-adik absen? Orang yang akan menjadi kakak atau adik absen kita adalah mereka yang memiliki nomor urut absen yang sama dengan kita saat kita masih berada di kelas X. jika ada yang masih bingung, silakan dilihat tabel berikut ini.

1
Ainun (X)
Mirza  (XI)
Dharmo (XII)
2
Farah  (X)
Uun     (XI)
Faza        (XII)

Menurut tabel di atas, kakak absen Ainun untuk kelas XI adalah Mirza dan untuk kelas XII adalah Dharmo. Dan kakak absen Farah untuk kelas XI adalah Uun dan untuk kelas XII adalah Faza. Jadi, budaya kakak-adik absen ini akan terus ada selama IC masih  terus merekrut siswa-siswa barunya. Lalu, kenapa kalau ada kakak-adik absen? Apa yang menjadikannya berbeda dengan sekolah lain? Jelas berbeda. Tidak seperti sekolah lain yang sering  terjadi perselisihan antar angkatan, Insan Cendekia berusaha untuk menyatukan ketiga angkatan tersebut dalam satu wadah. Salah satu caranya adalah dengan adanya kakak-adik absen ini.

Memangnya apa yang dilakukan kakak dan adik absen itu sehingga bisa menyatukan angkatan-angkatan tersebut? Inilah yang mereka lakukan,
  1.  Dari hal-hal yang paling sederhana, apabila kakak atau adik absennya ada yang berulang tahun, maka mereka akan saling memberikan hadiah. Tidak jarang ada adik absen yang bertanya kepada teman-teman kakak absennya tentang apa yang dia sukai, entah itu tentang warna kesukaannya, hobinya, dan lain-lain. Hal itu juga berlaku apabila terjadi sebaliknya.
  2.  Memberikan ucapan semangat untuk  sesama. Misalnya kakak absen yang sekarang berada di kelas XII akan menghadapi ujian akhir madrasah, maka adik absennya yang berada di kelas XI dan X akan memberikan ucapan semangat kepada kakaknya, entah itu dengan kartu ucapan atau diselipi dengan hadiah kecil. Hal-hal yang telah disebutkan di nomor 1 dan 2 memang tidak dilakukan oleh semua kakak-adik absen, namun mayoritas dari mereka melakukannya, khususnya perempuan. 
  3. Adanya Titan. Apa itu Titan? Titan adalah singkatan dari Tiga Angkatan. Titan merupakan suatu acara yang diadakan oleh kelas X untuk kelas XI dan XII. Biasanya berlangsung selama 3-4 jam. Apa saja kegiatannya? Biasanya ada permainan, menonton video, sharing  antara kakak dan adik absen, tuker kado, dan makan-makan.
  4. Foto Diaz dan Kak Labib bermain game
  5. Yang terakhir adalah suatu acara besar yang diadakan oleh siswa kelas X untuk kelas XII. Yang membedakannya dengan Titan adalah acara ini dipersembahkan khusus untuk kelas XII. Meskipun hanya untuk kelas XII, acara ini tidak mengurangi rasa simpati siswa-siswa kelas XI. Selain itu acara ini diadakan oleh satu angkatan, yaitu seluruh siswa-siswa kelas X, kalau Titan diadakan oleh salah satu kelas saja dari kelas X, misalnya siswa-siswa dari kelas X-1 mengadakan acara Titan, maka kakak-kakak yang datang adalah mereka yang dulunya berasal dari kelas X-1. Acara ini sifatnya lebih besar daripada Titan. Selain acara yang diadakan dalam Titan, acara ini juga diisi dengan penampilan-penampilan persembahan dari siswa-siswa kelas X, seperti band, drama, pembacaan puisi, dan lain-lain.


Hal-hal yang telah disebutkan di atas masih jadi belum mencangkup semua hal yang berkaitan dengan budaya kakak-adik absen di sini. Ada lho, kakak alumni yang baru saja lulus dari IC sengaja kembali ke Insan Cendekia karena merasa masih mempunyai hutang karena belum memberikan hadiah kepada adik-adik absennya. Subhanallah... 

Perselisihan antar angkatan tidak dapat dipungkiri memang benar adanya. Namun, setiap siswa selalu berusaha untuk menghindari hal tersebut. Karena kita semua mengetahui bahwa perselisihan antar angkatan tidak ada gunanya, justru sangat merugikan. Ditambah lagi dengan banyaknya acara yang harus diadakan dan melibatkan setidaknya dua angkatan untuk menyukseskannya. Tidak terbayang bagaimana jadinya apabila di antara dua angkatan itu terdapat perselisihan.

Hal-hal yang telah disebutkan diatas masih ada hingga sekarang. Walaupun sering terjadi hambatan seperti penambahan jumlah kelas sehingga terjadi perubahan dalam susunan nomor urut absen ataupun kesulitan dalam meminjam tempat untuk mengadakan acara, adanya kakak-adik absen ini tetap terus diusahakan keberadaannya karena mereka tidak ingin kehilangan momen-momen indah yang disebabkan oleh adanya rantai persaudaraan yang tak kasat mata ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar